Siregar, Septian S P (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141210 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
709141210 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
709141210 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
709141210 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
709141210 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
709141210 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
709141210 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141210 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
709141210 BAB I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
709141210 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
709141210 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan penerapan metode pembelajaran Brainstorming dengan model pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah siswa 44 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 14 siswa (31.81%) untuk kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 32 siswa (72.72%) untuk kriteria aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 40.91%. Sebagai indikator ketuntasan aktivitas belajar ditetapkan jika siswa memperoleh skor minimal 23 atau 71.8%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I dari 44 siswa hanya 28 siswa (63.63%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 68.41. Pada siklus II yang tuntas belajar sebanyak 38 siswa (86.36%) dengan nilai rata-rata sebesar 76.47. Dengan demikian, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22.73% dengan peningkatan rata-rata 8.06 poin. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 70. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n-1 pada = 0.05 dan N = 44. Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 7.32 dan t tabel = 2.01. hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu (7.32 > 2.01). Dengan kata lain perbedaan hasil belajar siswa signifikan.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Brainstorming dengan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada standar kompetensi menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan T.P 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sir p |
Keywords: | Metode; Pembelajaran Brainstorming; Model Pembelajaran; Probing Prompting; Aktivitas;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13574 |