Ritonga, Yunita (2013) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NURHASANAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341160 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
709341160 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
709341160 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
709341160 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
709341160 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
709341160 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
709341160 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709341160 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
709341160 BAB I.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
709341160 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709341160 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Nurhasanah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan penerapan metode Brainstorming dan strategi The Power Of Two. Penelitian ini dilaksankan di SMA Nurhasanah Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 36,67% atau 11 orang untuk kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh 76,67% atau 23 orang untuk kriteria baik dan sangat baik. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 orang dari 30 orang siswa yang mendapat nilai > 70 atau sebesar (63,33%) dan 11 orang mendapat nilai < 70 atau sebesar (36,66%) dengan nilai rata-rata 69,16. Pada siklus II yang memperoleh nilai > 70 sebanyak 23 orang (76,66%) dan siswa yang memperoleh < 70 sebanyak 7 orang (23,33%) dengan nilai rata-rata sebesar 83,16. Jadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 13,33. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n-1 pada = 0,05 dan N = 30. Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 10,937 dan t tabel = 2,045. Hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu ( 10,937 > 2,045). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa positif dan signifikan.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Brainstorming dan strategi The Power of Two di kelas XII IS SMA Nurhasanah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Rit p |
Keywords: | Metode; Brainstorming; Strategi The Power Of Two; Aktivitas;Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 06:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13573 |