Harahap, Musallimah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IS MAS H. IBROHIM GUNUNG MARTUA PADANG LAWAS UTARA T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341092 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709341092 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341092 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
709341092 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709341092 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709341092 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709341092 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
709341092 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709341092 BAB I.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
709341092 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
709341092 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
ermasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share dengan strategi The Power of Two dan perbedaan hasil belajar akuntansi yang signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di MAS H. Ibrohim Gunung Martua Padang Lawas Utara tahun pembelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dengan Strategi The Power of Two. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share dengan strategi The Power of Two. Tehnik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu : data kuantitatif, dan kaulitatif.Dari data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 4 orang siswa kategori sangat aktif (20%) sedangkan pada siklus II diperoleh 14 (70%), menunjukkan terjadi peningakatan aktivitas belajar sebesar 50%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 8 orang siswa (40%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 18 orang siswa (90%) pada siklus II, maka peningkatan hasil belajar sebesar 50%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥70. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t, dimana diperoleh thitung>ttabel yaitu 8,60 > 2,09 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS MAS H.Ibrohim Gunung Martua Padang Lawas Utara 2012/2013 pada post test siklus I dan post Test siklus II adalah signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dengan strategi The Power of Two pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IS MAS H.Ibrohim Gunung Martua Padang Lawas Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Think Pair and Share dengan strategi The Power of Two dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Har p |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Pair and Share dengan strategi The Power of Two |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13567 |