Dwiningtyas, Rizki (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341123 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
709341123 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
709341123 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
709341123 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
709341123 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
709341123 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709341123 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709341123 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709341123 BAB I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
709341123 BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709341123 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Think Pair Share untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rantau Utara pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 60% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 71,2%, akann tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 72%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 90% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 81,55% yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebessar 45%. Pada siklus I diperoleh hasil 30% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 75% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Think Pair Share pada pokok bahasan penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dikelas XII IPS SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Dwi p |
Keywords: | Aktivitas Belajar;Akuntansi;Tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13563 |