Harahap, Ahmad Rizki (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341002 COVER .pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
709341002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
709341002 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
709341002 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
709341002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
709341002 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
709341002 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
709341002 DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
709341002 BAB I .pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
709341002 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
709341002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII I SMAN 1 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving dan strategi Everyone Is A Teacher Here.Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan pada semester ganjil T.A2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XII IS yang berjumlah 41 orang.Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dan strategi Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan motivasi siswa padasiklus I hanya rata-rata 64,40% menjadi 72,85% pada siklus II meningkat sebesar8,45%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa, yaitu dari 41 siswa hanya 16 (39,02%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 35 siswa (85,36%) pada siklus II. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari post test siklus I ke post test siklus II sebesar 46,34%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 80.Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dan strategi Everyone Is A Teacher Here pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas XII IS MAN 1 Medan T.A. 2013/2014 membuktikan peningkatan motivasi dan hasil belajar yang signifikan. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dan strategi Everyone Is A Teacher Here dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Har p |
Keywords: | Creative Problem Solving; Everyone is Teacher Here; motivasi belajar; hasil belajar; akuntansi; tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13561 |