Mahulae, Benedikta (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDE NOTE-TAKING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS-1 SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441007 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
709441007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
709441007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
709441007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
709441007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
709441007 BAB I .pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
709441007 BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
709441007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan metode pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan strategi pembelajaran Guide Note-Taking di kelas XII IPS-1 SMA Swasta Raksana Medan Tahun pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Raksana Medan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2013/2014 dengan subjek kelas XII IPS -1 yang berjumlah 41 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 4,9% siswa tergolong dalam kriteria sangat aktif, 9,7% siswa tergolong dalam kriteria aktif, 26,8% siswa tergolong dalam kriteria cukup aktif, 29,3% siswa tergolong dalam kriteria kurang aktif, 29,3% siswa tergolong dalam kriteria tidak aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 19,5% siswa tergolong dalam kriteria sangat aktif, 58,5% siswa tergolong dalam kriteria aktif, 17.1% siswa tergolong dalam kriteria cukup aktif, 4,9% siswa tergolong dalam kriteria kurang aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilakasanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 22 orang siswa (53,66%)yang tuntas menjadi 36 siswa (87,81%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal di tetapkan 73% siswa yang memperoleh nilai ≥73. Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan Dari daftar distribusi t untuk α=0,05 dan dk = 41 – 1 = 40. Dari hasil perhitungan diperoleh ttabel=2,02dan thitung = 9,16. Sehingga thitung>ttabel (9,16>2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga diterima. Dapat disimpulkan behwa penerapan metode pembelajaran Problem Solving dengan strategi pembelajaran Guide Note-Taking pada pokok bahasan memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas XII IPS-I SMA Swasta Raksana Medan semester ganjil tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Mah p |
Keywords: | metode pembelajaran; Problem Solving; Guide Note- Taking; aktivitas; hasil belajar; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13560 |