Kiki Maria Makdalena, Butar-Butar (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS X AK 2 SMK NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141106 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709141106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
709141106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
709141106 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709141106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
709141106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709141106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141106 BAB I.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
709141106 BAB V.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
709141106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dan strategi Index Card Match di kelas X AK 2 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas X AK 2 yang berjumlah 36 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa.Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 2,8% siswa tergolong tidak aktif, 36,1% siswa tergolong kurang aktif, 50% siswa tergolong kriteria cukup aktif dan 11,1% siswa tergolong kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 22,2% siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 61,1% siswa yang tergolong aktif dan 16,7% siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 20 siswa (55,6%) yang tuntas menjadi 32 siswa (88,9%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 36-1= 35 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 11,22 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (11,22 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dan strategi Index Card Match pada pokok bahasan penyusunan jurnal penutup perusahaan dagang dikelas X AK 2 SMK Negeri 7 Medan semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 But u |
Keywords: | aktivitas; hasil belajar; akuntansi; Creative Problem Solving; Index Card Match |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13558 |