Silalahi, Chaidy Yunus (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA GKPI PAMEN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141023 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709141023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
709141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
709141023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
709141023 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
709141023 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus di SMA Swasta GKPI PAMEN Medan.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Swasta GKPI PAMEN Medan yang beralamat di Jl. Letjen Jamin Ginting Kompleks PAMEN No.G 33 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 38 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Time Token. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai 42,10% keaktifan klasikal yaitu 16 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Di siklus 2 terdapat peningkatan menjadi 73,68 % yaitu 28 siswa memperoleh kategori sangat aktif dan aktif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 23 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau 60,53% dengan nilai rata-rata 69,21. Dan setelah di siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,84 % (33 orang) dengan nilai rata-rata 85,52, ini berarti mengalami peningkatan sebesar 26,31% dari siklus I.Hal ini menunjukkan bahwa telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t statistik atau uji t dengan α = 0,05 dan dk = 38-1 = 37. Dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 18,97 >2,02. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar signifikan.Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus di kelas XII IPS SMA Swasta GKPI PAMEN Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sil p |
Keywords: | Numbered Head Together; Time Token; aktivitas; akuntansi; tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13555 |