Amaradja, Neneng Gahari Ramadhania (2013) PENERAPANKOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA SWASTA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341093 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709341093 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
709341093 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
709341093 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
709341093 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709341093 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
709341093 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709341093 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709341093 BAB I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
709341093 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
709341093 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kolaborasi model pembelajaran MASTER dengan Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS 1 SMA Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran MASTER dengan Student Teams Achievement Division (STAD).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Taman Siswa Medan yang beralamat di jalan Jl. Singosari No. 11 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran MASTER dengan Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 39,29% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 67,67, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 85,71%siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,35 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28,57%. Pada siklus I diperoleh hasil 21,42% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 74,99% siswa masuk dalam kategori aktif. Berdasarkan ujisignifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dansiklus II dimana thitung= 9,36 ttabel=2,05.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran MASTER dengan Student Teams Achievement Division(STAD) pada materi mencatat dokumen/transaksi ke dalam jurnal khusus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siwa di kelas XII IPS 1 SMA Swasta Taman Siswa Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Ama p |
Keywords: | Model Pembelajaran; STAD; Kolaborasi; Master; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13543 |