Sinaga, Rima Febriani (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINGKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X1 SMK SWASTA SWADAYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141188 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709141188 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
709141188 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709141188 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141188 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
709141188 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141188 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141188 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141188 BAB I.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
709141188 BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
709141188 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving dengan strategi Group Resume dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Swadaya Medan antar siklus. Penelitianinidilaksanakan di SMK Swasta Swadaya Medan yang beralamat di Jl. Perguruan Tinggi Swadaya No.3 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Swadaya Medan dengan jumlah 42 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving dengan strategi Group Resume. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 12,59% yang termasuk dalam kriteria Kurang aktif . Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 30,95 yang termasuk dalam kriteria Sangat Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 54,52 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,21 atau terjadi peningkatan sekitar 3,61 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80 atau mengalami peningkatan 12,87 poin dari siklus I. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving dengan strategi Group Resume dapat meningkatkan secara positif dan signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi kas kecil di kelas XI SMK Swasta Swadaya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving dengan strategi Group Resume dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak 1 SMK Swasta Swadaya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sin p |
Keywords: | Model Pembelajaran;KolaborasiThingking Aloud Pair Problem Solving;strategi Group Resume, AktivitasdanHasilBelajarAkuntansiSiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13535 |