Simanjuntak, Nirwanti (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN LOTTERY CARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA METHODIST-8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441032 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
709441032 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
709441032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
709441032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
709441032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
709441032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709441032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709441032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709441032 BAB I.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
709441032 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709441032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Methodist- 8 Medan melalui kolaborasi Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Lottery Card serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II.Penelitian ini dilaksanakan di SMA SMA Methodist- 8 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Lottery Card. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi mengenai aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 7 siswa (17,5%) siswa yang aktif, sedangkan pada siklus II terdapat 28 siswa (70%) siswa yang aktif dan yang sangat aktif 3 siswa (7,5%) dengan indikator ketuntasan 75% . Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 40 siswa hanya 25 siswa (62,5%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 34 siswa (85%) pada siklus II. Hal ini menunjukan siklus II sudah mencapai standar KKM secara klasikal yaitu 75% siswa harus memperoleh nilai ≥ 75. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperoleh nilai thitung 10,87 > ttabel 2,02Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model pembelajaran Explicit Instruction dan Lottery Card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas XII IPS SMA Methodist -8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sim p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Akuntansi; Hasil Belajar; Lottery Card |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13534 |