Yenti, Petri (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DENGAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA KRAKATAU MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441037 COVER.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
709441037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
709441037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
709441037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
709441037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709441037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709441037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709441037 BAB I.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
709441037 BAB V.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
709441037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII SMA Krakatau Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Kumon Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Krakatau Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014Penelitian ini dilaksanakan di SMA Krakatau Medan yang beralamat di jalan Brigjend Bejo/ Cemara No.32-34 Medan pada semester genjil 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Krakatatau Medan yang berjumlah 34 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Kumon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 15 siswa (44,12%) yang termasuk dalam kriteria Aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 28 siswa (82,35%) yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 11 siswa (32,40%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 61,2 sedangkan pada siklus I terdapat 16 siswa (47,06%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 74,82 atau terjadi peningkatan sekitar 13,62 poin. Dan pada siklus II terdapat 25 siswa (73,53%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 81,38 atau mengalami peningkatan 6,56 poin dari siklus I. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk = 34 -1 = 33 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,79 dan ttabel = 2,03, sehingga thitung > ttabel (2,79>2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Kumon di kelas XII IPS SMA Krakatau Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Yen p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Kolaborasi; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13533 |