Ginting, Royenika Nova (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341124 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
709341124 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
709341124 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
709341124 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
709341124 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709341124 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709341124 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709341124 BAB I.pdf - Published Version
Download (937kB) | Preview
709341124 BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
709341124 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Learning Starts With a Question dengan Giving Question and Getting Answer di kelas XII IPS 1 SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Josua Medan yang beralamat di jalan GB Josua Nomor 30 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 39 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Learning Starts With a Question dengan Giving Question and Getting Answer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 53,85% yang termasuk dalam kriteria Aktif dan Sangat Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 82,05% yang termasuk dalam kriteria Aktif dan Sangat Aktif. Hal ini telah memenuhi kriteria penilaian skor ≥ 23 atau 71,88%. Sesuai dengan KKM yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran akuntansi adalah 65. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (38,46%) dan nilai rata-rata 59,62 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (58,97) dan nilai rata-rata siswa menjadi 64,74 atau terjadi peningkatan sekitar 5,12 poin. Dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa (87,18%) dan nilai rata-rata siswa menjadi 75,90 atau mengalami peningkatan 11,16 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Learning Starts With a Question dengan Giving Question and Getting Answer pada Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS 1 di SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Gin p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Learning Starts With A Question; Giving Question and Getting Answer; Aktivitas; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13513 |