Harahap, Ika Rysnanda (2013) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XIIIS 1 SMA SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341054 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
709341054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
709341054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
709341054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
709341054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
709341054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
709341054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
709341054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709341054 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
709341054 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709341054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question danInformation search dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1 di SMA Swasta Teladan Medan T.A 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Medan pada T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IS 1 yang berjumlah 32 orang. Serta objek penelitian yaitu penerapan kolaborasi strategi Learning Start With A Question dan Information Search. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket minat belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kualitatif dan datakuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (31,25%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa (53,13%) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 29 siswa (90,62%) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan minat juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 47,43% , sedangkan pada siklus II terdapat 87,53% berarti terdapat peningkatan sebesar 40,1%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question danInformation search dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1 pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA Swasta Teladan Medan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Har p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Learning Start With A Question; Information Search; Minat; Akuntansi; Tindakan Kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13511 |