Nababan, Evi Maria (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141052 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
709141052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (761kB) | Preview
709141052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
709141052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
709141052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
709141052 BAB I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
709141052 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas bajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Make a Match dengan Numbered Heads Together kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 7,5% siswa tergolong tidak aktif, 20% siswa tergolong kurang aktif, 15% siswa tergolong kriteria cukup aktif, 47.5,1% siswa tergolong kriteria aktif dan10% siswa yang tergolong sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 25% siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 40% siswa yang tergolong aktif dan 35% siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 25 siswa (62,5%) yang tuntas menjadi 35 siswa (87,5%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 40-1= 39 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 19,52 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (19,52 >2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dengan Numbered Heads Together pada pokok bahasan penyusunan Laporan Keuangan perusahaan Jasa dikelas XI IPS 1 Negeri 5 Medan semester ganjil Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Nab p |
Keywords: | Make A Match; Numbered Heads Together; Aktivitas Belajar; Akuntansi; Tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13510 |