Purwanti, Titi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICITE INSTRUCTION DENGAN STRATEGI FIRE UP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TAMAN SISWA KISARAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341150 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
709341150 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
709341150 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
709341150 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
709341150 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
709341150 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
709341150 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341150 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
709341150 BAB I.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
709341150 BAB V.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
709341150 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Taman Siswa Kisaran Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian inia dalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Explicite Instruction dengan strategi Fire Up di kelas XI SMK Swasta Taman Siswa Kisaran Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Taman Siswa Kisaran yang beralamat diJalan Hos Cokroaminoto no.431 Kisaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akyang berjumlah 30 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Explicite Instruction dengan strategi Fire Up untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil yaitu 56,7% siswa memenuhi ketuntasan dengan hasil nilai rata-rata 72,17 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilanya itu 85%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II yakni hasil belajar sebesar 86,7% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 85 atau meningkat sebesar 12,28% yang berarti telah melampaui keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 33,3%. Pada siklus I diperoleh hasil 53,4% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 86,7% siswa masuk dalam kategori aktif.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicite Instruction dengan strategi Fire Up pada Standar Kompetensi Mengelola Dana Kas Kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI SMK Swasta Taman Siswa Kisaran Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Pur p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Strategi Fire Up; Aktivitas; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13505 |