Pratiwi, Ayu (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCHUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA MARDI LESTARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341016 COVER.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709341016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
709341016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
709341016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
709341016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
709341016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
709341016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709341016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
709341016 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
709341016 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709341016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas bajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model Teams Games Tournament dengan strategi pembelajaran Index Card Match di kelas XII SMA Mardi Lestari Medan TahunAjaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mardi Lestari Medan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII SMA yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 15,62% siswa aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 81,25% siswa yang aktifhal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan sesuai dengan indicator aktivitas yaitu 71,87%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 15 siswa (46,88%) yang tuntas menjadi 29 siswa (90,63%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai≥75. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 32-1= 31 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 8,23 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung>ttabel (8,23>2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan Index Card Matchpada pokok bahasan penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang kelas XII SMA Mardi Lestari Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Pra p |
Keywords: | Teams Games Tornament; Index Card Match; aktivitas; hasil belajar; akuntansi; tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13497 |