PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS IX IS 1 SMA SWASTA TAMAN SISWA TAPIAN DOLOK T.P 2012/201

Sakdiah, Herni Frida (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS IX IS 1 SMA SWASTA TAMAN SISWA TAPIAN DOLOK T.P 2012/201. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 81277110013 COVER.pdf]
Preview
Text
81277110013 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 81277110013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
81277110013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 81277110013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
81277110013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 81277110013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
81277110013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 81277110013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
81277110013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 81277110013 BAB I.pdf]
Preview
Text
81277110013 BAB I.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 81277110013 BAB V.pdf]
Preview
Text
81277110013 BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 81277110013 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
81277110013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa, melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Problem Posing di kelas XI IS 1 SMA Swasta Taman Siswa Tapian Dolok T.P 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Taman Siswa Tapian Dolok pada semester genap T.P 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas IX IS 1 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah Model pembelajaran NHT dengan Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan aktivitas siswa hanya mencapai 42,86% (15 orang) dan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa mencapai 88,57% (31 orang) atau terjadi peningkatan sebesar 45,71 %. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,42 dengan persentase ketuntasan belajar 62,86%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,14 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 88,57%, serta meningkatkan hasil belajar akuntansi sebesar 25,71% dari persentase siklus I dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 1 pada standar kompetensi jurnal penyesuaian di SMA Swasta Taman Siswa Tapian Dolok T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Sak p
Keywords: akuntansi; pembelajaran; model Numbered Head Together; Problem Posing; siswa; aktivitas; kolaborasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 06 Oct 2016 06:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item
View Item