Tambunan, Noviny Harfa (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE UP DI KELAS XII IS SMA NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441034 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
709441034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
709441034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
709441034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
709441034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709441034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709441034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709441034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709441034 BAB I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
709441034 BAB V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709441034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualizatiom (TAI) dengan strategi pembelajaran Fire Up di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 6 Medan T.P 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan T.P. 2013/2014 semester Ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IS SMA yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Strategi Pembelajaran Fire Up. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 10 siswa (28,57%) untuk kriteria aktif dan sangat aktif sedangkan pada siklus II terdapat 27 siswa (77,14%) untuk kriteria aktif dan sangat aktif. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 48,57%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 23 orang (65,71%) meningkat menjadi 29 orang (82,85%) pada siklus II. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal 17,14%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n -1 pada = 0,05 dan N = 35. Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 12,70 dan t tabel = 2,03. Hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu (12,70 > 2,03). Dengan kata lain perbedaan hasil belajar siswa signifikan. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualizationtive (TAI) dengan Strategi Pembelajaran Fire Up dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IS SMA Negeri 6 Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Tam u |
Keywords: | Team Assisted Individualization; Fire Up; aktivitas; hasil belajar; akuntansi; tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13493 |