PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS) DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Sitohang, Nova Martaulina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS) DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141152 COVER.pdf]
Preview
Text
709141152 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141152 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141152 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141152 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141152 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141152 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709141152 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141152 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141152 BAB I.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141152 BAB V.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 709141152 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141152 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS pada standar kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahan Jasa di SMA Negeri 6 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan T.P. 2012/2013 semester Genap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi REACT. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif Hasil penelitian ini menunjukkan Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 0% siswa masih tergolong tidak aktif, 22,86% untuk kriteria kurang aktif48,57% untuk kriteria cukup aktif, 25,71% untuk kriteria aktif dan 5,71% untuk kriteria sangat aktif sedangkan pada siklus II tidak ada siswa yang tergolong tidak aktif, 5,71% untuk kriteria kurang aktif, 17,14% untuk kriteria cukup aktif, 51,42% untuk kriteria aktif dan 22,86% untuk kriteria sangat aktif menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa. Dengan rata – rata aktivitas pada siklus I 65,17, sedangkan pada siklus II 77,14. Demikian juga dengan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I adalah 54,29%. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal adalah 77,14%, menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal 22,85%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n -1 pada = 0,05 dan N = 35. Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 7,14 dan t tabel = 2,03. Hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu ( 7,14 > 2,03). Dengan kata lain perbedaan hasil belajar siswa signifikan. Diatas dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi REACT pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan persahaan jasa dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Sit p
Keywords: model pembelajaran; Creative Problem Solving; REACT; aktivitas; hasil belajar; akuntansi; tindakan kelas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 06 Oct 2016 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13488

Actions (login required)

View Item
View Item