Maulida, Risya (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA TUNAS PELITA T.P 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441041 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
709441041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
709441041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
709441041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
709441041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
709441041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709441041DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709441041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709441041 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709441041 BAB V.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
709441041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa dalam mata pelajaran Akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs di kelas XI Akuntansi 1 SMK Swasta Tunas Pelita Binjai T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Pelita Binjai pada semester gasal Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar Akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar Akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Data hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I hanya 10 orang atau 29,41% siswa yang aktif dengan kriteria aktif. Demikian juga hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 15 orang atau 44% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 60,88. Hal ini belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya maka akan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 32 orang atau 94,12% dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Dan hasil belajar pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 28 orang atau 82,35% siswa dengan rata-rata 77,76. Karena aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan maka penelitian diakhiri sampai pada siklus yang II. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan analisis uji observasi berpasangan dengan dk= 34-1 = 33 dan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 5,45>ttabel 2,05. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan atau Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs di kelas XI Akuntansi 1 SMK Swasta Tunas Pelita Binjai T.P 2013/2014 dapat meningkkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Mau p |
Keywords: | Model Pembelajaran;Explicit Instruction;Aktivitas;Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13487 |