Samosir, Rona Marina (2013) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DENGAN MASTERY LEARNING STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KRAKATAU MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141199 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
709141199 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
709141199 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709141199 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
709141199 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
709141199 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
709141199 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141199 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
709141199 BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
709141199 BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
709141199 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Akuntansi SMK Krakatau Medan T.P 2012/2013 melalui Penerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dengan Mastery Learning Strategy. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Krakatau Medan T.P 2012/2013 dengan subyek adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntasi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan kualitatif. Data hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I hanya 8 orang atau 28,57% siswa yang aktif dengan kriteria aktif. Demikian juga hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 16 orang atau 57,14% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 63,03.Hal ini belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 25 orang atau 89,29% dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Dan hasil belajar pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang atau 78,57% siswa dengan rata-rata 80,96. Karena aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan maka penelitian diakhiri sampai pada siklus yang II. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan analisis uji observasi berpasangan dengan dk= 28-1 = 40 dan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 4,89>ttabel 2,05. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dengan Mastery Learning Strategy pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas X akuntansi SMK Krakatau Medan T.P 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sam p |
Keywords: | strategi pembelajaran; Practice Rehearsel Pairs; Mastery Learning Strategy; kolaborasi; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13477 |