Hasibuan, Ikhran Mawardi (2013) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF TREFFINGER DAN NUMBER HEAD TOGETHER DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XIBM SMK SWASTA YAHDI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441017 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709441017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
709441017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
709441017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
709441017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
709441017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
709441017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709441017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709441017 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
709441017 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709441017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI BM SMK Swasta Yahdi Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Kreatif Treffinger dan Number Head Together dikelas XI BM SMK Swasta Yahdi Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Yahdi Medan yang beralamat di Jl. Bambu No. 54 Pasar IV Helvetia Kec. Labuhan Deli Kab.Deli Serdang Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BM yang berjumlah 42 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah implementasi kolaborasi model pembelajaran Kreatif Treffinger dan Number Head Together untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini berbentuk PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar angket minat belajar siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket minat belajar siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar yang telah dinilai oleh guru.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil angket minat belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 28 orang (66,67%) yang termasuk dalam kriteria Berminat. Pada siklus II hasil angket minat belajar siswa adalah 36 orang(85,71%) yang termasuk dalam kriteria Berminat. Dari hasil analisis data diperoleh data pretest sebelum penerapan dengan hasil 16 orang (38,10%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 63,80 sedangkan pada siklus I terdapat 23 orang(69,04%) yang tuntas dengan nilai rata-rata siswa menjadi 65,95. Dan pada siklusII terdapat 36 orang (85,71%) yang tuntas dengan nilai rata-rata siswa menjadi77,62 atau mengalami peningkatan sebesar 16,67% siswa yang tuntas dari siklus I.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Kreatif Treffinger dan Number Head Together pada Standar Kompetensi memproses dokumen dana kas kecil dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI BM di SMK Swasta Yahdi Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Has i |
Keywords: | Model Pembelajaran;Kreatif Treffinger;NHT;Kolaborasi;Minat Belajar;Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13475 |