Harahap, Enri Cahyadi (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DENGAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 2 SMA NEGERI 1 BATANG ONANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141048 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
709141048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
709141048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709141048 ABSTARK.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
709141048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709141048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141048 BAB I.pdf - Published Version
Download (880kB) | Preview
709141048 BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
709141048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 2 SMANegeri 1 Batang Onang Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have dengan metode Problem Posing.Penelitian ini dilaksankan di SMA Negeri 1 Batang Onang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 2 dengan jumlah siswa 26 orang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari duasiklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatandan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknikanalisa data menggunakan data kualitatif, data kuantitatif.Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus Ike siklus II. Pada siklus I diperoleh 57,69% atau 15 orang untuk aktif dan sangataktif dengan rata-rata 21,57 . Sedangkan pada siklus II diperoleh 88,46% atau 23orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif dengan rata-rata 24,65. Sehingg aaktivitas belajar telah mencapai indikator ≥ 23 atau 71,87%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 11 orang dari 26 orang siswa yang mendapat nilai > 70 atau sebesar (42,31%) dengan nilai rata-rata 67,12. Pada siklus II yang memperoleh nilai > 70 sebanyak 19 orang (73,08%) dengan nilai rata-rata sebesar73,92. Jadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 5,96, telahmemenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dengan dk = n -1 pada  = 0,05 dan N = 26. Dari data perhitungandiperoleh t hitung = 8,76 dan t tabel = 1.70814, hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu ( 8,76 > 1.70814). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswasignifikan.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have dengan metode Problem Posing di kelas XIIIS 2 SMA Negeri 1 Batang Onang Tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada Standar Kompetensi Memahami Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Har p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran Question Student Hare dengan Metode Problem Posing |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13468 |