Sianipar, Trinanda (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK2 SMK JAMBI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141231 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
709141231 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
709141231 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
709141231 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
709141231 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
709141231 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
709141231 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709141231 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
709141231 BAB I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
709141231 BAB V.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
709141231 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK2 SMK Swasta Jambi Medan”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Time TokenTahun Pembelajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan yang berada di Jalan Pertiwi no. 10 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK2 yang berjumlah 37 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa dengan indikator yang ditetapkan untuk aktivitas siswa sebesar 75%, maka diperoleh hasil pada siklus I sebesar 32,43% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif , karena belum mencapai indikator yang ditetapkan maka pada siklus II diperoleh hasil 89,19%siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif, adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 56,76%. Untuk hasil belajar akuntansi siswa ditetapkan Kriteria Ketuntasan Minimum 70. Maka dari hasil tes yang dilakukan pada siklus I diperoleh presentase hasil belajar yaitu 59,46% dengan nilai rata-rata 68,51 akan tetapi belum mencapai indikator hasil belajar yaitu 70%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh persentase hasil belajar yaitu 89,19% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 81,08, dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebanyak 29,73% dari siklus I dan II.Dan penelitian berhenti di siklus II karena telah mencapai indikator yang sudah ditetapkan sebesar 75%.Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 37-1= 36 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 10,30 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (10,30>2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Time Tokendikelas XII AK2 SMK Swasta Jambi Medan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sia p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dengan Time Token |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13464 |