Winda, Rini (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI KELAS XII IS SMA MARDI LESTARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341117 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
709341117 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
709341117 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
709341117 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
709341117 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
709341117 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709341117 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709341117 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709341117 BAB I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
709341117 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
709341117 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs di kelas XII IS SMA Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mardi Lestari Medan yang beralamat di jalan Gatot Subroto No.200 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket untuk melihat motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data adalah dengan reduksi data, dan menyajikan data.Hasi l penelitian menunjukkan bahwa pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (31,25 %) yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa (53,12 %) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 29 siswa (90,7 %) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan motivasi juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 35,65 %, sedangkan pada siklus II terdapat 87,90 % berarti terdapat peningkatan sebesar 52,25 %.Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS di SMA Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Win u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran Practice Rehearsel Pairs |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13462 |