Hariady, Dedi (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341021 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
709341021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
709341021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
709341021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
709341021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
709341021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709341021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
709341021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
709341021 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
709341021 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709341021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Learning Starts With aQuestion di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sunggal yang beralamat dijalan Sei Mencirim – Sei Semayang km 15 Kec. Sunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS4 yang berjumlah 37 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Learning Starts With a Question untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 45,95% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 91,89% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 41,89 sedangkan pada siklus I nilai rata rata siswa menjadi 73,92 atau terjadi peningkatan sekitar 32,03. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,68 atau mengalami peningkatan 6,76 poin darisiklus I.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Learning Starts With a Question pada Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS di SMANegeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Har p |
Keywords: | Guided Teaching; Learning Starts With A Question; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13458 |