Handayani, Juwita (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII-IPS 1 DI SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341064 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709341064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
709341064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
709341064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
709341064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709341064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709341064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
709341064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709341064 BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
709341064 BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
709341064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Group Investigation dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS 1SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Group Investigation.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam yang beralamat di jalan Tengku Raja Muda Kec. Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 41 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas.Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 39,02% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 65,73, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 87,80%siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,37 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan dan telah memenuhi kriteria KKM ≥70.sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 51,23%. Pada siklus I diperoleh hasil 31,70% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 82,93% siswa masuk dalam kategori aktif telah memenuhi kriteria skor ≥ 23 atau 71,87%.Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikanantara siklus I dan siklus II dimana thitung= 12,08 ttabel=2,02.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Group Investigation pada materi mencatat dokumen/transaksi ke dalam jurnal khusus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siwa di kelas XII IPS 1 SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Han p |
Keywords: | Problem Pasing; Group Investigation; Model Pembelajaran; Kolaborasi Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13456 |