Sianturi, Sori Bulan (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SILOAM 2 MEDAN T.P 2013/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141215 COVER.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
709141215 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141215 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
709141215 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
709141215 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
709141215 BAB I.pdf - Published Version
Download (954kB) | Preview
709141215 BAB V.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
709141215 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Siloam 2 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Group Investigation di kelas XI AK SMK Swasta Siloam 2 Medan Tahun Pelajaran 2013/20143.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Siloam 2 Medan T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI AK yang berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi Reciprocal Teaching dengan Group Investigation. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 19 siswa (59,37%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 30 siswa (93,75%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 13 siswa (40,62%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 64,53 sedangkan pada siklus I terdapat 22 siswa (68,75%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 69,84 atau terjadi peningkatan sekitar 5,31 poin. Dan pada siklus II terdapat 30 siswa (93,75%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 82,34 atau mengalami peningkatan 12,5 poin dari siklus I telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t data berpasangan dengan dk = 32 - 2 = 32 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,16 dan ttabel = 2,042, sehingga thitung > ttabel (5,16 > 2,042). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Group Investigation pada Kompetensi Dasar Membukukan Dana Kas Kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI AK SMK Swasta Siloam 2 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sia p |
Keywords: | Reciprocal Teaching; Group Investigation; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13454 |