Simanullang, Sabrina Marike (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI AK 1 SMK NEGERI 1 DOLOK SANGGUL TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441044 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
709441044 LEMBER PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
709441044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
709441044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
709441044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
709441044 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709441044 BAB V.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
709441044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Doloksanggul Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Doloksanggul dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 37 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 37,84% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 64,19 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 81,08% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,14 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 51,35%. Pada siklus I diperoleh hasil 29,73% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 81,08% siswa masuk dalam kategori aktif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siwa di kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Doloksanggul T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sim p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Based Learning; Group Investigation; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13452 |