PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDAR TAHUN AJARAN2012/2013

Damanik, Johannes Felentino (2013) PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDAR TAHUN AJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114162 COVER.pdf]
Preview
Text
708114162 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114162 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
708114162 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114162 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
708114162 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 BAB I.pdf]
Preview
Text
708114162 BAB I.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 BAB V.pdf]
Preview
Text
708114162 BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114162 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 708114162 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
708114162 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dansignifikan dari persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajarEkonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Ajaran 2012/2013.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positifdan signifikan persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajarEkonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Ajaran 2012/2013. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bandar yangberjumlah 215 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi siswa denganteknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitasangket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitaasnyadihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah uji korelasiuntuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentangkinerja guru (X) memiliki korelasi dengan prestasi belajar ekonomi siswa (Y) sebesar 0.689. Koefisien korelasi bernilai positif dan memiliki kategori cukup karena berada pada rentang 0,600 – 0,800. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentang kinerja guru (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan karena thitung > ttabel yaitu 6,864 > 2,007. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear sederhana, didapat koefisien regresi Y = 29,027 + 0,950X. Persepsi siswa tentang kinerja guru memberikan sumbangsih sebesar 47,50 % terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,475, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian ini. Berdasarkan penerimaan dan penolakan hipotesis maka pada penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Ajaran 2012/2013 diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 Dam p
Keywords: Persepsi siswa; Kinerja Guru; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 23 Sep 2016 05:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13412

Actions (login required)

View Item
View Item