Kurniawan, M. Fauzi (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 2 SMA SWASTA DHARMA PAMCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114178 - COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
708114178 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
708114178 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
708114178 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
708114178 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
708114178 - BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
708114178 - BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
708114178 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta hubungan antara aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 2 SMA Dharma Pancasila Medan sekaligus untuk mengetahui peningkatan yang signifikan antar siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Dharma Pancasila Medan yang beralamat di Jl. Dr. T. Mansyur No.71 C Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 2 SMA Swasta Dharma Pancasila Medan dengan jumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Numbered Head Together Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 18,6 yang termasuk dalam kriteria Cukup. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 21,9 ≈ 22 yang termasuk dalam kriteria Baik. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 57,67 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,33 atau terjadi peningkatan sekitar 10,66 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 82,33 atau mengalami peningkatan 14,00 poin dari siklus I. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Numbered Head Together dapat meningkatkan secara signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Jurnal Penyesuaian di kelas XI IS 2 SMA Swasta Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Numbered Head Together pada materi Jurnal Penyesuaian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 2 SMA Swasta Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Kur p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kolaborasi; Problem Posing; Numbered Head Together; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13362 |