Putri, Etika Yanuari (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MINDFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 AKUNTANSI SMK PANCA BUDI-2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310039 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
708310039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
708310039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
708310039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
708310039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
708310039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
708310039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
708310039 BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
708310039 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
708310039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas 2 Akuntansi di SMK Panca Budi-2 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas 2 Akuntansi SMK Panca Budi-2 Medan. Dengan penerapan model pembelajaran Mindful Learning.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Panca Budi-2 Medan yang beralamat dijalan Gatot Subroto Km. 4,5 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 Akuntansi dengan jumlah 47 siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Mindful Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data.Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 hanya rata-rata 42,55% menjadi 76,59% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 34,05%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar yaitu dari 47 siswa hanya 32 (68,08%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,14 menjadi 41 siswa (87,23%) pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,23. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 70.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mindful Learning pada standar kompetensi menyiapkan surat pemberitahuan pajak di kelas 2 Akuntansi SMK Panca Budi-2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Put p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Mindful Learning; Akuntansi; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 01:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13360 |