Wau, Ferdinand Tharorogo (2013) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROYEK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114134-COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
708114134-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
708114134-DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
708114134-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
708114134-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708114134-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
708114134-BAB I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
708114134-BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
708114134-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa X SMK Parulian 2 melalui implementasi metode pembelajaran proyek.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Parulian 2 Medan yang terletak di Jalan Garuda Raya Perumnas Mandala Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 38 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleks. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh persentase aktivitas pada siklus I hanya 52,63% menjadi 78,94% pada siklus II, yang berarti persentase aktivitas meningkat sebesar 26,31% dan telah memenuhi kriteria ketuntasan aktivitas belajar. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 38 siswa hanya 21 (55,26%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 32 siswa (84,21%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 65. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperoleh nilai thitung 4,56 > ttabel1,985.Dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Proyek pada kompetensi menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi di kelas X SMK Parulian 2 Medan menimbukan peningkatan aktivitas hasil belajar yang signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Wau i |
Keywords: | Metode Proyek; Aktivitas; Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13358 |