Sitorus, Elisabeth R (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YAPIM MEDAN TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114114 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
708114114 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
708114114 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
708114114 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
708114114 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
708114114 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
708114114 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
708114114 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
708114114 BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
708114114 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK YAPIM Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Konstruktivismedapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-Ak SMK YAPIM Medan. Terutama dalam standar kompetensi Pengelolaan Tagihan Piutang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 semester Ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak SMK yang berjumlah 35 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada standar kompetensi mengelola tagihan piutang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berbentuk essay serta lembar observasi dan teknik analisi data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkanhasilpenelitianinidiperolehpersentase (%)aktivitassiswa yang dilaksanakanpadasiklus I adalah37,14% dengan jumlah siswa yang aktif adalah 13 orang. PadasiklusII persentaseaktivitassiswaadalah71,43% dengan jumlah siswa yang aktif adalah 25 orang. Dari hasilanalisis data diperoleh data tessebelumpenerapandengan jumlah siswa yang tuntas adalah 10 orang dengannilai rata-rata 61,54, sedangkanpadasiklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 16 orang dengan nilai rata-rata siswamenjadi 68,94. Dan padasiklus II jumlah siswa yang tuntas 29 orangnilai rata-rata siswamenjadi 79,45. Dari perolehanhasilbelajardanlembarobservasiaktivitassiswa, disimpulkanbahwadenganpenerapanmodel pembelajaran problem based learning dengan pendekatan konstruktivismedalamupayameningkatkanaktivitasdanhasilbelajarakuntansisiswakelas XIAkSMK YAPIM MEDAN 2012/2013 dapatmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswadalamstandarkompetensipengelolaan tagihan piutang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sit p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Konstruktivisme |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13354 |