Hasibuan, Frisma Handayani (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA N 2 TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310051 Cover.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
708310051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
708310051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
708310051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
708310051 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
708310051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
708310051 Bab I.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
708310051 Bab V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yg signifikan antara siklus I dan siklus II di kelas XI IS di SMA N 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dan Think Pair And Share.Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Tebing Tinggi dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 1 yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dan Think Pair And Share. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas belajar akuntasi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 57,9% (Siklus I 23,67% sedangkan Siklus II 81,57%). Pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (26,31%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 56,18. Setelah diadakan siklus I siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa (36,84%) dengan nilai rata-rata 64,47 dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanya 33 siswa (86,84%) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,44. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk = 38+38-2=74 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung=9,12 dan ttabel=1,99. Sehingga thitung > ttabel (9,12>1,99). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar signifikan.Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dan Think pair And Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum di kelas XI IS SMA N 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Has p |
Keywords: | Kolaborasi; Model Pembelajaran; Make a Macth; Think Pair and Share; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13352 |