Juwita. Tetty, Juwita. Tetty (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114277 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708114277 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
708114277 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
708114277 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
708114277 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
708114277 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
708114277 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
708114277 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS1 SMA Negeri 8 Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Activity dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 pada semester Ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS1 yang berjumlah 33 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar akuntansi berbentuk essay serta lembar observasi dan teknik reduksi data dan penyajian data. Data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus I diperoleh 5 orang (15,15%) siswa untuk kriteria tidak aktif, 9 orang (27,27%) siswa untuk kriteria kurang aktif, 10 orang (30,30%) siswa untuk kriteria cukup aktif dan 9 orang siswa (27,27%) untuk kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 4 orang (12,12%) siswa untuk kriteria kurang aktif, 7 orang (21,21%) siswa untuk criteria cukup aktif, 12 orang (36,36%) siswa untuk kriteria aktif dan 10 orang siswa (30,30%) untuk kriteria sangat aktif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas Siklus I dan SIklus II maka diperoleh peningkatan sebesar 39,39%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar pada siklus I dari 33 siswa hanya 15 siswa (45,46%) siswa yang tuntas dan dengan rata- rata 61,96 sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat menjadi 26 siswa (78,79%) siswa dengan rata- rata 75,15. Jika dibandingkan rata- rata hasil belajar siklus I dan siklus II, maka diperoleh peningkatan sebesar 13, 19 poin. Dari perolehan hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa, disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS1 SMA Negeri 8 Medan T.P. 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Juw p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Pembelajar; Kontekstual; Berbasis Hands on Activity |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13346 |