PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IPS SMA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Nababan, Yenny L (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IPS SMA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709641020-Cover.pdf]
Preview
Text
709641020-Cover.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709641020-LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (862kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
709641020-Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
709641020-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
709641020-Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
709641020-Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
709641020-Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-Abstrak.pdf]
Preview
Text
709641020-Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-BAB V.pdf]
Preview
Text
709641020-BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-BAB I.pdf]
Preview
Text
709641020-BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 709641020-Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
709641020-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi serta hubungan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Gajah Mada Medan jalan Jl. H.M. Said T.P 2012/2013Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 33 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data digunakan dengan reduksi data, penyajian data serta untuk melihat hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar digunakan rumus korelasi produck moment. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas yaitu terdapat 13 orang (39,39%) siswa untuk kriteria kurang aktif, 4 orang (12,12%) siswa untuk kriteria cukup aktif, 16 orang (48,48%) siswa untuk kriteria aktif.Siklus II diperoleh peningkatan hasil ketuntasan yaitu 84,84 % dengan rata-rata menjadi 78,03 dan data hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan 8 orang (24,24%) siswa untuk kriteria cukup aktif, 13 orang (39,39%) siswa untuk kriteria aktif, 12 orang (36,36%) siswa untuk kriteria sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh nilai pretes siswa yang tuntas adalah 24,24% dengan rata-rata nilai siswa 55,08. Siklus I 45,45% dengan rata-rata 68,18 Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Problem Posingdengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi khususnya pada penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa di SMA Gajah Mada Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Nab p
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Possing; Talking Stick; Akuntansi; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 10 Feb 2017 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13340

Actions (login required)

View Item
View Item