Zulham, Zulham (2013) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP KARYA PENDIDIK LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114289 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
708114289 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
708114289 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
708114289 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114289 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708114289 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
708114289 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114289 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Karya Pendidik Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Karya Pendidik Lubuk Pakam dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil keseluruhan jumlah siswa sebagai penelitian populasi, dengan perincian kelas VIII A sebanyak 22 orang dan kelas VIII B sebanyak 23 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan kuesioner (angket) sebagai alat untuk mendapat data penelitian, untuk menguji tingkat validitas menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus alpha dan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar IPS Terpadu digunakan rumus regresi linier sederhana. Serta pengujian hipotesis digunakan rumus uji t regresi.Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 45,08 + 0,32X dimana dari persamaan dapat dihitung bahwa jika nilai X naik maka nilai Y juga ikut naik, yang berarti terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar IPS Terpadu. Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru memberikan kontribusi sebesar 18% terhadap prestasi belajar siswa, selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh harga sebesar 3,07 dan sebesar 1,68 dimana nilai > pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% yang berarti “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Karya Pendidik Lubuk Pakam tahun ajaran 2012/2013”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Zul p |
Keywords: | Pengelolaan; Kelas ; Prestasi; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13310 |