Silitonga, Christ Minarti BR (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114080-COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
708114080-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
708114080-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
708114080-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
708114080-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
708114080-BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
708114080-BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
708114080-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Time Token di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Time Token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 18,41 yang termasuk dalam kriteria Cukup. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 22,58 ≈ 23 yang termasuk dalam kriteria Aktif. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 18 siswa (50%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 32 siswa (88,9%) pada siklus II. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Time Token dapat meningkatkan secara signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar jurnal dan buku besar di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sil p |
Keywords: | Belajar; Model; Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13282 |