Silaen, Budi Mangaratua (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IS SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114078-COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
708114078-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
708114078-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
708114078-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
708114078-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
708114078-BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
708114078-BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
708114078-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IS-2 SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budisatrya Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IS-2 yang berjumlah 38 siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dengan metode Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM). Berdasarkan pengamatan aktivitas belajar siswa, belajar dengan menerapkan model pembelajaran Small Group Discussion dengan metode Group Investigation dapat menuntun siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar serta menambah semangat belajar. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa yaitu 13,2% meningkat menjadi 73,68% pada siklus II. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 17 siswa (44,73%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 31 siswa (81,57%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk = 38+38-2 = 74 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,73 dan ttabel = 1,99. Sehinggga thitung > ttabel (6,73>1,99). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pembelajaran Small Group Discussion dengan metode Group Investigation pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi dikelas di kelas XI IS-2 SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sil p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Small Group Discussion; Group Investigation |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13281 |