Putra, Bayu Kukuh Dwi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SMALL GROUP WORK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS I SMA NEGERI 1 STABAT T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310020 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
708310020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
708310020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
708310020 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
708310020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
708310020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
708310020 BAB I.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
708310020 BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
708310020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Problem Open Ended dengan menggunakan strategi Small Group Work dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa serta hubungan antara motivasi dan hasil belajar kelas XII IS I di SMA Negeri 1 Stabat T.A 2012/2013.Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Stabat pada T.A 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XII IS I yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 24 siswa (62%) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 34 siswa (87%) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan motivasi juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 18 siswa (46%) , sedangkan pada siklus II terdapat 39 siswa (100%) dengan kriteria motivasi tinggi. Dari data hasil uji korelasi antara motivasi (variabel x) dan hasil belajar (variabel y) diperoleh rxy = 0,78 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika motivasi siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Open Ended dengan menggunakan strategi Small Group Work dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS I pada kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian dan kertas kerja di SMA Negeri 1 Stabat T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Put p |
Keywords: | Pembelajaran; Problem Open Ended; Smal Group Work; Motivasi; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13279 |