Saragih, Frans Sinatra (2013) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114137-COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
708114137-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
708114137-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
708114137-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (0B)
708114137-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
708114137-BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
708114137-BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
708114137-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang profesi guru sangat bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspos Facto. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menguji hipotesis, maka teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 dan 2011 yang berjumlah 729 orang. Sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini digunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 497 orang. Data persepsi mahasiswa tentang profesi guru diperoleh dengan menggunakan angket, dan data prestasi belajar mahasiswa diperoleh dari kartu hasil studi (KHS). Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus Uji t. Dari hasil analisis diperoleh Y = 2,89 + 0,058 X yang artinya bahwa pengaruh antara Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi bernilai positif. Kemudian untuk uji hipotesis digunakan uji t dengan dk = n-2 = 495 pada taraf signifikansi (taraf kepercayaan) 95% atau alpha 5% dengan hasil thitung = 1,283 sedangkan ttabel =1,960 (1,283 < 1,960). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sar p |
Keywords: | Profesi Guru; Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13278 |