Ardianti, Dewi (2013) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310029 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
708310029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
708310029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
708310029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
708310029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
708310029 BAB I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
708310029 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
708310029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan diterapkan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dengan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS SMA Swasta Budisatrya Medan T.P. 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budisatrya Medan pada semester ganjil T.P 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas XII IS yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan reduksi data dan penyajian data.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I hanya 41,17% menjadi 73,52% pada siklus II. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 34 siswa hanya 22 siswa (64,70%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 31 siswa (91,18%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥ 70.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dengan strategi Think Talk Write pada kompetensi dasar pencatatan transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus/umun di kelas XII IS SMA Swasta Budisatrya Medan T.P. 2012/2013 membuktikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Ard p |
Keywords: | Strategi Learning Stars; Aktivitas; Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13275 |