Batubara, Elmi Dahnur (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP PAB-18 MABAR HILIR MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061277110303 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
061277110303 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
061277110303 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
061277110303 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
061277110303 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
061277110303 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061277110303 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061277110303 Abstrak.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
061277110303 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
061277110303 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
061277110303 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Pendidikan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP PAB-18 Mabar Hilir Medan Tahun Ajaran 2012/2013 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray.Penelitian ini dilaksanakan di SMP PAB-18 Mabar Hilir yang beralamat di Jl. Pendidikan No 97, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli-Kota Medan-20242. Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas VIII SMP PAM-18 Mabar Hilir Medan, yang berjumlah 40 orang dan yang menjadi objeknya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang. Tehnik pengumpulan data ini adalah dengan memberikan tes hasil belajar berupa pre-test, pos-test dan observasi kegiatan belajar mengajar.Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis deskriptif dengan menggunakan indikator keberhasilan tindakan 85% siswa memperoleh nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 70. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII yang diterapkan dengan pembelajaran Two Stay Two Stray pada tes awal siswa yang tuntas hanya 16 atau 40% dari 40 orang, pada siklus I ini naik 8 siswa menjadi 24 atau 60% dari 40 siswa dengan rata-rata 69,25 belum mencapai Kriteria Ketuntasan. Sedangkan pada siklus II Ketuntasan mencapai 87,5% atau 35 dari 40 siswa kelas VIII sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal atau mengalami peningkatan sebesar 27,5% dengan rata-rata 80,38. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada kompetensi “Pasar di kelas VIII SMP PAB-18 Mabar Hilir Medan Tahun Ajaran 2012/2013” dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Bat p |
Keywords: | Pembelajaran; Two Stay Two Stray; IPS; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13268 |