Sari, Indah Ulan (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK POLA TUTORIAL SEBAYA DENGAN METODE LATIHAN TERSEBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA ISTIQLAL DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110015 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
081277110015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
081277110015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
081277110015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
081277110015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081277110015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
081277110015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081277110015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
081277110015 BAB I.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
081277110015 BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
081277110015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Istiqlal Delitua dengan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Pola Tutorial Sebaya dengan Metode Latihan Tersebar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Istiqlal Delitua yang berlokasi di Jl. Stasiun No. 1 A Suka Makmur Delitua. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA dengan jumlah 40 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Metode Latihan Tersebar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah pilihan ganda diberikan secara individual yang dilaksanakan di setiap akhir siklus. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses kegiatan belajar mengajar dan analisa data diambil dari hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kemudian mengambil kesimpu;an dari data yang telah dianalisa. Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal adalah 60% (24 orang). Pada siklus II persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 80% (32 orang) menunjukan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 20%. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebanyak 14 orang (35%) siswa untuk tidak aktif, 7 orang (17,5%) siswa kurang aktif, 8 orang (20%) siswa cukup aktif, 6 orang (15%) siswa aktif, 5 orang (12,5)% siswa sangat aktif. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 3 orang (7,5%) siswa tidak aktif, 4 orang (10%) siswa kurang aktif, 10 orang (25%) siswa cukup aktif, 15 orang (37,5%) siswa aktif, dan 8 orang (20%) siswa sangat aktif. Pada uji signifikansi untuk hasil belajar setiap siklus dengan nilai KKM dimana pada siklus I diperoleh thitung<ttabel yaitu 1,65<1,68 menyatakan bahwa tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,83>1,68 dengan taraf signifikan 0,95 dan α = 0,05 dengan dk=n-2. Uji signifikan pada aktivitas belajar siswa diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,4>1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Metode Latihan Tersebar dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa di Kelas X SMA Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Sar p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kelompok; Kolaborasi; Aktivitas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13267 |