Ramadhani, Maisyarah (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
81277110020 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
81277110020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
81277110020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
81277110020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
81277110020 BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
81277110020 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
81277110020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan dengan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Kartu Arisan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang berlokasi di Jl.Pertiwi No.93 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X9 SMA dengan jumlah 40 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Kartu Arisan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda diberikan secara individual yang dilaksanakan di setiap akhir siklus. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses kegiatan belajar mengajar dan analisa data diambil dari hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kemudian mengambil kesimpulan dari data yang telah dianalisa.Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal adalah 60%. Pada siklus II persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 80% menunjukan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 20%. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebanyak 14 orang (35%) siswa untuk tidak aktif, 8 orang (20%) siswa belum aktif, 8 orang (20%) siswa cukup aktif, 5 orang (12,5%) siswa aktif, 5 orang (12,5%) siswa sangat aktif. Sedangkan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 3 orang (7,5%) siswa tidak aktif, 5 orang ( 12,5%) siswa belum aktif, 10 orang (25%) siswa cukup aktif, 14 orang (35%) siswa aktif, dan 8 orang (20%) siswa sangat aktif. Pada uji signifikansi untuk hasil belajar setiap siklus dengan nilai KKM dimana pada siklus I diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,65 < 1,68 menyatakan bahwa tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II diperoleh thitung >ttabel yaitu 5,90 > 1,68 dengan taraf signifikan 0,95 dan α= 0,05 dengan dk= n-2. Uji signifikan pada aktivitas belajar siswa diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,5 > 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan.Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Kartu Arisan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Ram p |
Keywords: | Kolaborasi; Model Pembelajaran; STAD; Kartu Arisan; Belajar Siswa; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13264 |