Hutagalung, Candra Kristian (2013) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071277110216 JUDUL.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
071277110216 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
071277110216 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
071277110216 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
071277110216 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
071277110216 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
071277110216 BAB I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
071277110216 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
071277110216 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan TA 2012/2013 ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan TA 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan yang berlokasi di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu T.A 2012/1013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Karya Serdang yang berjumlah 6 kelas . Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas VIII - 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII – 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang yang diajarkan dengan model Think Pair Share. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar ekonomi pada pokok memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model Think Pair Share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model Think Pair Share adalah pretest sebesar 49,71 dan postest sebesar 75,85 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 47,57 dan postest sebesar 63,14. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,5307 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan TA 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Hut p |
Keywords: | Belajar; Model Belajar; Tipe Think Pair Shart |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13262 |