Sitio, Novita Indah Lestari (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114216 - COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
708114216 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
708114216 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
708114216 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
708114216 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114216 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
708114216 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
708114216 - BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
708114216 - BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114216 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 yang berjumlah 400 orang yang terbagi atas 10 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan essay test yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 40, 50 dengan simpangan baku 8,458 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 39,250 dengan simpangan baku = 7,299. Dan analisa data skor rata-rata post-test pada kelas eksperimen (pembelajaran konstruktivis) diperoleh sebesar =78,350 dengan simpangan baku = 7,574. Dan pada kelas kontrol (pembelajaran tidak menggunakan konstruktivis) diperoleh = 63,750 dengan simpangan baku = 8,679. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata  = 0,05 diperoleh thitung = 7,413 sedangkan ttabel = 1,6671. ternyata thitung >ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan memecahkan masalah siswa mata pelajaran ekonomi pada pokok permintaan dan penawaran yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran problem based instruction lebih baik dari kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester I SMA Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Intruction; Konvensional; Kemampuan; Memecahkan Masalah |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13253 |