Suriyani, Dedek (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310026 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
708310026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
708310026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
708310026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
708310026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708310026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
708310026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
708310026 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
708310026 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
708310026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 524 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, yang terdiri dari 4 pilihan (a,b,c dan d).Untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal, terlebih dahulu tes hasil belajar di uji cobakan kepada 30 orang siswa diluar sampel penelitian. Hasil tes belajar menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 71,67 dengan standar deviasi 9,58 dan nilai rata-rata kelas kontrol 64,16 dengan standar deviasi 9,19. Pengujian hoipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t dengan dk (n1 + n2 – 2) pada taraf α = 0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,265 dan ttabel sebesar 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,265 > 1,669 dengan kata lain hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Metode Creative Problem Solving (CPS) secara signifikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Sur p |
Keywords: | Metode; Creative Problem Solbing (GPS); Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13247 |